MAHASISWA ABADI

MAHASISWA ABADI

Dalam dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi, ada sebuah istilah yang tak asing di telinga, yaitu ‘mahasiswa abadi’. Ini adalah sebutan atau lebih kerennya ‘gelar’ untuk mahasiswa yang lulusnya lama bahkan ndak lulus-lulus padahal sudah lebih dari 6 tahun kuliah, padahal idealnya sekitar 4 tahun. Biasanya ‘mahasiswa abadi’ banyak ditemui di fakultas teknik. Ntah mengapa, kayaknya fakultas teknik emang udah identik dengan populasi ‘mahasiswa abadi’nya yang bejibun.

Fenomena ini membuat saya tertarik untuk melakukan penelitian (ce ile…gaya amat) terhadap para ‘mahasiswa abadi’ di fakultas teknik tempatku menuntut ilmu. Yang jadi tujuanku dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mereka mengapa sampe bisa dapat gelar ‘mahasiswa abadi’ padahal tujuan kuliah di fakultas teknik tak lain tak bukan adalah untuk dapat embel-embel ST di belakang nama mereka.

Metode yang dipake dalam penelitian ini adalah observasi langsung, yaitu dengan pengamatan, wawancara, serta ditambah terawangan pribadi di tengah keheningan malam saat berada di kampus.

Dari hasil peneitian yang telah dilakukan, maka saya berhasil mengumpulkan kesimpulan berupa alasan-alasan mereka atau lebih tepat disebut ‘ngelesnya’ tentang nasib mereka yang tak kunjung lulus dari kampus tercinta, dari berupa alasan yang agak logis sampai tak masuk akal alias dibuat-buat demi mempertahankan harga diri. Berikut ini pemaparannya:

1. Paradigma turun temurun

Entah dari mana asalnya, tapi udah jadi paradigma turun temurun kalo kuliah di Teknik rata-rata semua orang pada maklum kalo kuliahnya lama. Malahan ada yang menganggap aneh kalo kuliah di teknik lulusnya tepat waktu. Mereka yang lulus tepat waktu malah dikatain cuma ngejar nilailah, beli nilai alias nyogoklah, dan banyak su’uzon-su’uzon lainnya. Kesian ya…

2. Bidang tak sesuai minat

Sebagian responden ada juga yang beralasan kalo bidang yang sedang dijalaninya ternyata tidak sesuai dengan keinginan. Kebanyakan sih karena bidang yang diambil sewaktu daftar kuliah adalah suruhan orang tua, tapi ada juga karena lulus dipilihan kedua. Tapi meskipun tak sesuai minat, bukan berarti mereka bisa seenaknya mengabaikan kuliah dong. Kalo emang nggak mau pindah kuliah, ya jalani aja yang sudah di depan mata, sapa tau ternyata rejekinya emang di situ. Kan apa yang kita terima sebenarnya adalah yang terbaik dari Allah. Tul gak?

3. Tugas kuliah terlalu berat

Sebagiaan responden menjadikan tugas kuliah yang terlalu berat sebagai alasan mereka terlambat lulus. Emang sih, tak bisa dipungkiri bahwa tugas kuliah di fakultas teknik emang berat banget, tapi bukan berarti nggak bisa dikerjakan lho. Buktinya, banyak juga kok mahasiswa yang lulus, padahal kemampuan mereka juga kurang lebih sama. Sebenarnya, yang jadi masalah bukan beratnya tugas, tapi ada tidaknya niat untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. Yang namanya pekerjaan, apapun itu kalo nggak dibarengi dengan ketekunan pastilah hasilnya nggak maksimal. Dosen kan juga punya perasaan kalo ngasi tugas ke mahasiswa.

4. Dipersulit dosen

Ternyata ada juga responden yang menyatakan bahwa alasan mereka telat lulus gara-gara dipersulit dosen. Biasanya sih gara-gara pernah punya kasus atau sejenisnya yang buat tu dosen jadi illfeel ama mahasiswa. Udah tau belom sih kalo kampus tu tempat belajar, bukan tempat cari musuh?

5. Tinggal skripsi aja kok

Alasan yang satu ini ternyata banyak dipake ama mahasiswa yang notabene dah ketuaan di kampus. Dari yang proposal skripsinya nggak keterima ama dosen pembimbing alias ditolak mentah-mentah sampe yang sengaja menunda sidang skripsi. Emang sih, kalo di kampusku mahasiswa yang lagi nyusun skripsi kagak bisa di DO walau dah lebih dari 8 tahun (peraturan fakultas). Itulah sebabnya masih banyak senior-senior angkatan 90an yang masih nangkring di kampus. Ingat-ingat umur napa bang..

6. Aktif organisasi

Ada juga responden yang menjadikan alasan ‘aktif organisasi’ sebagai sebab tertundanya kelulusan. Kebanyakan sih gara-gara menejemen waktu yang kurang oke. Walaupun udah tau nggak bisa bagi waktu dengan baik tapi mereka menolak untuk meninggalkan kesibukan mereka di organisasi, katanya sih bukan mahasiswa kalo nggak aktif organisasi. Okelah bro…tapi ingat juga dong kewajiban loe di kampus kan buat nuntut ilmu, so jangan lupa dengan yang satu ntu. Kasian bokap nyokap banting tulang buat nguliahin loe, tapi loe malah kagak serius. Tega loe ye…

7. Sibuk dengan kerjaan

Tak bisa dipungkiri kalo yang namanya kuliah mesti butuh dana yang lumayan besar. Inilah yang turut jadi alasan para mahasiswa untuk nyambi kerja. Mulai dari yang kerja part time, ikut MLM, jadi guru les privat dll. Tapi ada juga lho yang nyambi kerja bukan karena alasan kurang duit, katanya sih belajar mandiri gitu jadi waktu lulus kagak kaget dengan dunia kerja. Bukannya kalo loe-loe pade serius kuliah n cepat lulus justru malah ngringanin biaya kuliah n cepat kerja?

8. Membangun link/jaringan

Ternyata ada juga responden yang bilang kalo mereka sengaja nunda lulus kuliah karena mau mbangun link alias jaringan kerja supaya waktu lulus mereka kagak bingung nyari kerja karena dah punya banyak relasi. Tapi kebanyakan sih jaringan yang dibuat malah jaringan MLM. Kuliah di teknik koq malah ngelakonin marketing tho Mas?

9. Cinta status mahasiswa

Ada juga responden yang ogah ngelepas status mahasiswanya karena cinta ama status yang satu ini. Kalo mau jujur sih, sebenarnya alasan mereka karena jadi mahasiswa banyak enaknya. Mulai dari dapet uang bulanan dari ortu, gratis kalo ikut seminar atau paling kagak dapet potongan 50 %, bisa masuk ke sana-sini tanpa perlu izin yang ribet (ada juga sih kadang-kadang) dan banyak alasan lainnya. Oalah…bang..bang..kalo kelamaan di kampus kasian ama calon mahasiswa baru yang mesti rebutan kursi gara-gara kapasitas penerimaan jadi tinggal dikit.

10. Berat ninggalin kampus dan teman

Alasan yang satu ini juga banyak dikemukakan oleh responden. Katanya sih karena dah lama kumpul ama temen n betah di kampus jadinya mereka ogah cepat-cepat lulus. Coba deh bang..loe-loe pada ngaca, muka dah makin brewokan, umur juga dah pantes jadi bapak-bapak, dan temen-temen loe juga dah banyak yang lulus ninggalin loe bang. Jadi temen yang mana lagi yang berat loe tinggalin? Wong angkatan loe aja dah hampir punah..

11. Belum ada kontribusi

Nah, kalo alasan yang satu ini lumayan masuk akal (kalo emang tulus sih). Mereka yang punya alasan ini kebanyakan yang punya idealisme tinggi. Namun sayangnya, idealisme tersebut tidak dibarengi dengan usaha yang keras, jadilah mereka cuma bisa cita-cita. Makanye bang, serius dong kuliahnya, dengan abang cepet lulus justru kesempatan untuk berkontribusi semakin besar, yah minimal memperluas kesempatan generasi muda untuk mengenyam pendidikan di kampus, gichu loe….

12. Dilarang ortu

Dilarang ortu? Mungkin ini alasan paling kagak masuk akal. Masa anak mau lulus cepat malah dimarahin ortu sih? Tapi inilah fakta yang terjadi di lapangan, ada beberapa responden yang dilarang ortunya kalo lulus kuliahya tepat waktu. Begininih kira-kira jawaban ortu mereka saat diberitahu anaknya yang dah mau lulus kuliah, “loe kira bapakmu kagak mampu apa nguliahin loe sampai 7-8 taon, asal loe tau ye, bapakmu ini masih punye uang buat nguliahin loe ampe tua, jadi loe jangan cepat-cepat lulus. Loe mau bapak loe malu gara-gara dibilang orang kagak mampu?” (??????????????-pen)

Itulah 12 alasan terbanyak yang dikeluarkan oleh para ‘mahasiswa abadi’ yang saya jadikan responden dalam penelitian ini. Yah, apapun alasan yang mereka buat, satu hal yang mesti diingat bahwa “Tidak diperlukan sebuah alasan untuk mencapai kesuksesan karena sebab kegagalan adalah karena banyak alasan”.


dicopy dari http://manalbanjari.wordpress.com

Kalender Mata Kuliah

Semester I
KMK
Mata Kuliah
SKS
INS 101Pancasila
2
INS 106IAD, ISD, IBD
3
INS 107Metodologi Studi Islam
3
INS 204Ilmu Kalam
2
PAI 711SPII
2
TAR 401Ilmu Pendidikan
3
TAR 703Psikologi Umum
2
Semester II
KMK
Mata Kuliah
SKS
-Organisasi Manajemen
3
INS 105Bahasa Indonesia
2
INS 202Ulumul Hadis
3
INS 203Ulumul Qur'an
2
PAI 501Ilmu Jiwa Belajar PAI
3
PAI 502Perencanaan Sistem PAI
3
TAR 704Ilmu Pendidikan Islam
2
Semester III
KMK
Mata Kuliah
SKS
INS 103Bahasa Inggris I
2
INS 104Bahasa Arab I
2
INS 201Ushul Fiqih
3
INS 205Ilmu Tasawuf
2
INS 206Filsafat Umum
3
PAI 511Psikologi Perkembangan
2
PAI 602 Bimbingan Penyuluhan
2
PAI 709Filsafat Islam
2
PAI 713Pengelolaan Pengajaran
2
TAR 701Filsafat Pendidikan
2
Semester IV
KMK
Mata Kuliah
SKS
-Pengantar Bisnis
2
-Pengantar Komputer
2
INS 103Bahasa Inggris II
2
INS 104Bahasa Arab II
2
INS 210Sejarah Peradaban Islam
3
INS 302Hadits I
3
INS 303Tafsir I
3
PAI 504Materi PAI I
3
PAI 708Media Pengajaran
2
Semester V
KMK
Mata Kuliah
SKS
-Kewartawanan
3
INS 102Kewiraan
2
INS 103English Coresponden
3
INS 104Bahasa Arab III
2
INS 301Fiqh
3
INS 303 Tafsir II
3
PAI 503Pengantar Kurikulum PAI
3
PAI 504Materi PAI II
2
Semester VI
KMK
Mata Kuliah
SKS
-Ekonomi Islam
2
INS 207Metode Penelitian
3
PAI 505Statistik
3
PAI 509Sosiologi Pendidikan
2
PAI 706Tarekh Tasyri'
2
PAI 712Perbandingan Agama
2
PAI 714Metode Pengajaran Agama Islam
3
PAI 715Adm. Supervisi Pendidikan
3
Semester VII
KMK
Mata Kuliah
SKS
PAI 506Pengelolaan Sistem Evaluasi
3
PAI 507PMDI
2
PAI 508 Kapita Selekta Pend
2
PAI 511Psikologi Agama
2
PAI 601 Praktek Mengajar
4
PAI 707 Masailul Fiqh
3
PAI 710 Filsafat Pend Islam
2
Semester VIII
KMK
Mata Kuliah
SKS
TAR 601Skripsi
6
TAR 702KKN
4
Powered by Starcom Technology

Lembaga Dakwah Kampus dan Dinamikanya

Lembaga Dakwah Kampus dan Dinamikanya

Lingkungan kampus adalah tempat dimana para calon pemimpin masa depan dicetak. Melalui perkuliahan, manusia – manusia muda dipacu untuk menjadi seseorang yang mumpuni dalam hal akademik dan diharapkan dapat mengembangkan diri dalam bidangnya masing – masing. Selain itu, kampus juga menciptakan idealisme beragam dari manusia – manusia yang ada di dalamnya. Idealisme yang sejatinya merupakan bawaan setiap orang, terbina dengan baik oleh interaksi sosial di lingkungan kampus.

Kedua hal inilah, Intelektualitas dan idealisme adalah kekuatan utama dari pergerakan – pergerakan yang muncul di lingkungan kampus. Tak terkecuali pergerakan Islam. Gerakan Islam yang muncul di lingkungan kampus, umumnya terepresentasikan melalui lembaga – lembaga kerokhanian Islam yang bergerak di bidang dakwah. Lembaga ini sering disebut sebagai lembaga dakwah kampus. Lembaga dakwah kampus mencoba menciptakan sebuah pembinaan diri yang menyelaraskan antara intelektualitas dan idealisme Islam. Secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan dibentuknya lembaga dakwah di dalam kampus adalah sebagai ajang pembinaan bagi para mahasiswa, agar selain matang dalam segi intelektualitas, juga mantap dalam segi keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Pada awalnya, pada masa Orde Baru, saat asas tunggal Pancasila diterapkan di Indonesia, gerakan – gerakan Islam di kampus kurang mendapat tempat di Indonesia. Bahkan, seolah medapat stigma buruk dari masyarakat. Alergi masyarakat yang disebabkan oleh sikap represif pemerintah terhadap gerakan – gerakan Islam menyebabkan lembaga dakwah kampus kurang bisa mengembangkan diri. Masyarakat seolah menyamaratakan lembaga – lembaga dakwah kampus dengan gerakan – gerakan Islam lain yang pada masa itu dicitrakan buruk oleh pemerintah. Sebut saja, isu Komando Jihad yang sempat berhembus di masa Orde Baru. Isu otomatis membuat masyarakat awam merasa merinding dengan gerakan – gerakan Islam termasuk gerakan dakwah.

Namun, hal tersebut segera berakhir ketika represi pemerintah mulai diturunkan. Sekitar tahun 1993, pemerintah menginstruksikan kegiatan pesantren kilat di setiap sekolah di daerah. Hal ini dianggap sebagi angin segar bagi perkembangan gerakan dakwah di lingkungan akademis, termasuk kampus. Dan akhirnya pintu semakin terbuka lebar ketika iklim politik benar – benar berubah pasca 1998. Ketika setiap orang diberi kebebasan untuk berserikat, berkumpul dan mengemukakan pendapat benar – benar dijamin oleh negara, yang berimbas kepada perkembangan pesat lembaga – lembaga dakwah kampus sampai saat ini.
Sampai tahun 2008 ini, tercatat hampir di setiap perguruan tinggi di Jawa maupun luar Jawa, baik swasta maupun negeri terdapat minimal sebuah lembaga dakwah kampus. Koordinasi lembaga dakwah kampus dalam skala nasional, saat ini dipegang oleh Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN). Terbentuknya FSLDKN diharapkan dapat memantapkan dan menyelaraskan gerak dakwah kampus di tingkat nasional.

Sebenarnya perkembangan sepesat ini bukanlah hal yang aneh. Selain iklim politik pasca reformasi yang mendukung, eksistensi lembaga dakwah kampus ini juga didukung oleh model pembinaan yang khas. Model pembinaan yang dinilai banyak pihak dapat mengeliminasi gerakan – gerakan Islam radikal yang mengarah pada makar.

Namun, bukannya tanpa kendala, saat perkembangan lembaga dakwah kampus sedang menunjukkan peningkatan positif, justru disitulah terdapat kendala – kendala yang tak pernah terduga sebelumnya. Isu – isu miring tentang lembaga dakwah kampus justru semakin santer terdengar baru – baru ini. Mulai dari isu yang agaknya sepele seperti kisah asmara antar kader, sampai isu – isu bersifat politis seperti keterkaitan dengan sebuah partai politik, atau keterkaitan dengan gerakan internasional. Isu – isu tersebut, kini kian ramai menghiasi ruang – ruang maya di Internet. Entah apa tujuannya,dan siapa penulisnya. Namun yang pasti hal ini jika tidak ditindak lanjuti dikhawatirkan akan dapat memecah belah gerakan lembaga dakwah kampus yang telah solid. Yang lebih dikhawatirkan lagi hal ini lama kelamaan akan dapat merong –rong persatuan umat dan membuat umat Islam alergi dengan salah satu kewajiban, yaitu berdakwah.

Pembinaan Kader Dakwah

Terlepas dari itu semua, sebenarnya lembaga dakwah kampus mempunyai sebuah model pembinaan kader yang bisa dibilang unik. Walaupun disesuaikan dengan kondisi kampus masing – masing, namun tetap saja model pembinaannya hampir seragam. Keunikan dan keseragaman model pembinaan ini dinilai sebagai salah satu keunggulan lembaga dakwah kampus.

Model pembinaan lembaga dakwah kampus banyak berkiblat kepada gerakan – gerakan Islam moderat. Model ini lebih mengutamakan pembinaan diri dan pendalaman Islam pada diri setiap kader. Model pembinaan ini umumnya bersumber kepada pembangunan kepribadian kader melalui kegiatan - kegiatan seperti kajian rutin, bermalam bersama, hafalan ayat – ayat Al Qur’an, training – training dan lain – lain. Daripada gerakan – gerakan yang bersifat frontal pembinaan model ini diharapkan akan lebih berhasil karena relatif lebih jarang konflik dan lebih tepat sasaran. Pendalaman Islam dilakukan dengan lebih rapi dan tersistem, sedikit demi sedikit, sehingga lebih mudah diterima oleh orang awam sekalipun.

Dalam jangka pendek, pembinaan seperti ini diharapkan dapat memperbaiki diri setiap kader secara bertahap dan dapat menjaga diri kader dari hal - hal negatif, seperti pergaulan bebas atau ajaran aliran sesat yang marak sekarang ini. Kemudian untuk jangka panjang kader lembaga dakwah kampus juga diharapkan dapat menerapkan ajaran Islam yang tertuang dalam Al Qur’an dan As Sunah secara konsekuen dalam berbagai segi kehidupan dan menyelaraskan dengan bidang keilmuan yang dimilikinya. Dari kehidupan pribadi sampai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Inilah sebenarnya goal jangka panjang yang ingin dicapai oleh lembaga dakwah kampus. Dakwah akademik melalui lembaga dakwah kampus seperti inilah yang nantinya diharapkan dapat menjadi garis depan dalam perubahan menuju masyarakat madani untuk menyongsong sebuah kebangkitan Islam. Amiin Yaa Robb al Alamiin

di copy dari http://tuandiktator.wordpress.com

Aktivis dan Organisasi Kampus

Aktivis dan Organisasi Kampus

Berdasarkan ruang lingkupnya, ada dua jenis organisasi kampus, yaitu Internal yang merupakan organisasi dengan cakupan satu kampus seperti Himpunan mahasiswa dan Senat, dan eksternal yang berdiri di luar kampus tetapi mencakup banyak kampus seperti HMI.

Organisasi kampus sering dikaitkan keberadaannya dengan aktivis, dan sebaliknya aktivis pasti terkait organisasi kampus. aktivis juga sering digambarkan sebagai mahasiswa yang aktif diorganisasi tetapi berIPK rendah dari rata-rata. Sedangkan mahasiswa non-aktivis sering digambarkan dengan mahasiswa yang selalu berIPK baik, diatas rata-rata, tapi tak punya kepedulian dengan hal-hal diluar akademis.

Stereotip seperti ini tak sepenuhnya salah, kenyataannya memang banyak sekali contoh aktivis kampus yang berIPK jeblok, dan banyak sekali mahasiswa non-aktivis yang lulus cum laude. Yang paling rugi adalah mahasiswa yang bukan aktivis, tapi juga bukan mahasiswa berIPK tinggi…

Kalau kenyataannya jadi aktivis kampus merugikan perkuliahan seorang mahasiswa, kenapa tiap angkatan selalu ada yang jadi aktivis? Kenapa ditiap kampus selalu ada aktivis? Pastilah ada sesuatu dorongan dan manfaat yang membuat sebagian mahasiswa jadi aktivis.

Untuk mempermudah pembagiannya, tipe mahasiswa saya bagi dua sebagai berikut:

  1. Mahasiswa kuliahan

    Ini tipe mahasiswa yang hanya peduli kuliahnya. Semua kegiatannya di kampus hanya berhubungan dengan kuliah dan perkuliahan.

  2. Mahasiswa aktivis

    Sesuai namanya, mahasiswa aktivis adalah mahasiswa yang punya aktifitas selain kuliah dan perkuliahan. Kebanyakan orang hanya memasukkan para mahasiswa aktivis organisasi kampus saja yang disebut aktivis, dan merupakan sebutan keren. Dari definisi diatas semestinya cakupan aktivis ini sangat luas, mulai dari aktivis organisasi kampus, aktivis organisasi diluar kampus, aktivis yang suka aktifitas yang berhubungan dengan hobby seperti geng motor, aktivis yang suka aktifitas yang berhubungan dengan pemasukan seperti aktif mencari objekan baik sebagai pemasukan primer maupun sebagai pemasukan tertier setelah infus dari orangtua.

Sekarang jadi keliatan dan bisa diperkirakan latar belakang kenapa seorang mahasiswa bisa jadi aktivis:

  • Karena dulunya di SMA pernah jadi pengurus OSIS, jadi sudah biasa rapat dan mengurus rekan-rekannya.

  • Karena sohibnya atau gebetannya ikut suatu organisasi atau suatu kegiatan, jadinya latah ikut juga.

  • Berkumpul dengan orang-orang setipe, misal sama-sama suka nongkrong di kantin (aktivis kantin).

  • Ingin mendarmabaktikan ilmunya di masyarakat untuk kedjayaan bangsa….

  • Sarana mencari teman, soalnya yang rada-rada autis susah nyari sendiri.
  • Ingin mengembangkan kemampuan berorganisasi, manajemen waktu, kemampuan komunikasi dan interpersonal.

  • Ingin mengembangkan karakter pribadinya di lingkungan kampus yang relatif homogen dan “terproteksi” supaya siap saat diluar kampus yang lebih terbuka dan heterogen.

  • Sedang mencari downline untuk produk MLM atau lahan objekan baru..

  • Penyaluran dan pengembangan hobby.

Diluar pembagian tipe mahasiswa diatas, masih ada lagi pembagian menurut orientasi masa depan, sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang belum tahu orientasi masa depannya.

    Mahasiswa yang belum sadar orientasi masa depannya biasanya pasrah mengikuti sks dan perkuliahan dengan tekun, memilih kuliah pilihan berdasarkan banyaknya teman karibnya yang ngambil dan cakep tidaknya dosen yang mengajar, memilih topik kerja praktek atau pun tugas akhir berdasarkan ada tidaknya model yang bisa ditiru serta gampang dikerjakan.

  2. Mahasiswa yang sadar orientasi masa depannya

    Mahasiswa yang sadar orientasi masa depannya adalah mahasiswa yang secara psikologi sudah dewasa, sadar akan tujuan hidupnya, dan bisa memutuskan apa yang ingin dia raih kedepannya dengan resources dan peluang yang dia punyai. Jadi memilih kuliah pilihan, ikut kursus bahasa Mandarin, jadi asisten lab atau asisten mata kuliah, jadi pengurus himpunan, ataupun ikut klub tennis, topik tugas akhir, dll, semua itu dilakukan atas dasar anggapan akan mempunyai korelasi nantinya dengan apa yang ingin dia raih setelah tamat dari kampus.

Sesuai judul, perhatian kita khususkan ke organisasi kampus. Karakteristik umum organisasi kampus adalah sebagai berikut:

  1. Ruang lingkupnya kampus dengan anggota masih mahasiswa/mahasiswi (so pasti donk…).

  2. Bersandar pada kaderisasi. Pengkaderan adalah bagian penting dari penilaian keberhasilan suatu kepengurusan organisasi kampus. Keberhasilan suatu angkatan mengurus suatu organisasi kelihatan setelah angkatan setelahnya juga mampu menjalankan organisasi dengan baik.

  3. Kepengurusannya bergulir. Setiap angkatan selalu dapat tanggungjawab dan kesempatan mengurus organisasi kampus. Justru aneh kalau misalnya satu angkatan mengurus sampai lebih dari 1 periode.

Dari penjabaran diatas, apa perlunya jadi aktivis bagi seorang mahasiswa Teknik Industri?

Jika ini ditanyakan kepada saya, maka jawaban saya hanya satu:

Setiap mahasiswa teknik industri harus jadi aktivis!

Kenapa?

Di teknik industri kita belajar mengenai organisasi dan pengelolaannya. Mulai dari masalah teknis operasional sampai masalah strategisnya. Juga belajar tentang karakter entitas organisasi, mulai dari mesin, manusia, metode-metode, dan modal kapitalnya.

Lalu apa yang kurang? Prakteknya.

Belajar merasakan berbagai situasi-situasi dimana kita dituntut bertanggung jawab atas sesuatu, belajar bagaimana mengkoordinasikan diri sebagai anggota suatu tim ataupun sebagai pemimpin suatu tim, dengan tetap fokus pada target yang telah dibebankan, merupakan suatu hal yang tidak akan didapat dari ruang kuliah. Mendapatkan hal tersebut sebelum tamat kuliah merupakan suatu pengalaman berharga, suatu pematangan/pendewasaan dengan biaya lebih murah.

Kenapa lebih murah? Kesalahan dan kebodohan yang dilakukan dimasa kuliah biasanya tidak punya banyak efek finansial, hukum, dan lebih bersifat jangka pendek, karena lingkungan sekitar mahasiswa (dosen, manajemen kampus, masyarakat) menjadi lebih pemaaf untuk kebodohan-kebodohan tersebut, dan hampir tidak punya dampak pada kredibilitas anda.

Coba anda melakukan kebodohan fatal tersebut di tempat kerja, kalaupun efek hukum atau finansial kecil, kredibilitas anda sudah jatuh ke lantai….

Tadi disebutkan banyak sekali aktivis, aktivis yang mana?

Pada pembagian mahasiswa yang pertama dan yang kedua dapat kita lihat benang merahnya (sebenarnya saya lebih suka benang biru, tapi tak apalah..) bahwa aktivis dan kedewasaan itu sejalan. Dengan kata lain, jadi aktivis merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan kedewasaan dan karakter. Tinggal kita memilih menekankan pada karakter apa yang ingin ditumbuhkembangkan, disitulah pilihan aktifitas yang relevan diambil.

Di negara-negara maju dari remaja mereka sudah terbiasa bekerja paruh waktu di berbagai bidang pekerjaan. Ini adalah hal positif, khususnya menyangkut pendewasaan dan pembentukan karakter tadi. Dengan bekerja, mereka sudah terbiasa sejak dini bertanggungjawab, mengembangkan kemampuan diri, mengatur waktu, mengatur keuangan pribadi, dan merencanakan masa depan.

Hal ini tampaknya masih sulit dilakukan di negara kita, kecuali sedikit rekan kita yang beruntung terlibat di bisnis orangtuanya sejak remaja.

Bagaimanapun, jadi aktivis bukanlah pembenaran untuk punya IPK rendah.


TR

diambil dari http://quantan.wordpress.com

 
demaSTAIibsi © 2007 Template feito por Templates para Você